loading
seozie-img
cara menjadi penulis online yang menghasilkan uang

iWortelJika ingin mengenal dunia, maka mambacalah. Jika ingin dikenal dunia maka menulislah. Demikianlah pepetah yang sering terdengar pada saat pertama kali mengikuti pelatihan Jurnalis yang diadakan oleh Badan Pers Pesantren (BPP) beberapa tahun lalu. Tetapi, pepatah ini dianggap terlalu lebay. karena setiap penulis pada dasarnya memikirkan cara menjadi penulis online yang menghasilkan uang. Pemateri bilang: “menurut saya, kata-kata ini terlalu lebay. Kenapa? Jangankan dikenal dunia. Dikenal satu kamar, satu daerah, apalagi satu pondok! Sensasinya itu sangat luar biasa. Enggih napah enten? Mon sampean tak pertajeh, bukteagih!  (Bahasa Madura)”.

Ngomongin soal menulis, harus kita akui semua orang pasti bisa menulis, baik dengan tangan maupun hanya menggunakan jari jemari lewat Handphone yang mereka punya. Mau tua, mau muda, semuanya pasti pernah menulis di sekolah ataupun dimadrasah. Tahu ngak friend, kenapa sih orang-orang yang belum terjun ke dunia tulis-menulis selalu menganggap menulis itu sulit. Padahal, manulis itu sangat mudah dan sangat menyenangkan. Di sisi lain, menulis itu sangat bermanfaat.

Bagaimana tidak, kalau para Ulama terdahulu tidak menulis, semisal contoh; Nadham Alfiyah yang dikarang oleh Syekh Muhammad bin Jamaludin al-Andalusi, niscaya kita tidak akan pernah mempelajari dan mengahafalnya. Se hafal!. Dan memang setiap sesuatu itu pasti butuh proses, tidak bisa kita serta merta bisa melakukan sesuatu tanpa di dahului dengan belajar.

Sekarang penulis mau bertanya: “Pernah ngak nemu bayi baru lahir; langsung bisa bicara atau berlari?”. Meskipun cari di ‘Google’ gak mungkin ada, toh walaupun ada, itu sudah menjadi keistimewaan yang di berikan oleh Allah sang maha Pencipta padanya, seperti Nabi Isa AS. Menurut pemateri, dalam dunia tulis-menulis, santri itu Bonek. Kenapa?, karena tidak tahu teorinya, tidak ada materinya, dan tidak tahu bagaimana menulis itu dengan bagus. Pokoknya nulis, masalah bagus atau tidaknya apa kata nanti.

Di akui atau tidak, hubungan antara menulis dengan mambaca itu sangatlah erat. Maka dari itu, kalau kita mau menulis sesuatu pastinya kita harus muthala’ah kitab ataupun membaca buku untuk mencari data atau referensi tambahan dari apa yang kita tulis. Akan tetapi, bukan berarti friend yang tidak suka baca tidak bisa jadi penulis, semua orang pasti bisa kok jadi penulis. Asalkan ia mau berusaha dan yakin.

Hanya saja kalau tidak dengan membaca, mau dapat dari mana kita kata-kata. Dan susunan kalimat yang indah itu bagaimana? Kalau bukan dengan membaca. Maka nantinya, kok seandainya kita moro-moro langsung menulis, tanpa di dahului dengan membaca. Niscaya tulisan yang kita tulis akan garing, entah kerena faktor kehabisan kata-kata atau referensi dan hasilnya pasti ngambang. Kalau gak percaya, buktikan!

Di sini penulis ingin memberikan sedikit cara menjadi penulis online yang menghasilkan uang. Adapun ulasannya sebagai berikut:

Mengubah Menset

Mengubah menset adalah langkah pertama kali yang harus di lakukan oleh para penulis pemula, dari yang asalnya sulit menjadi mudah. Harus kita tanamkan dalam-dalam di hati kita bahwa menulis itu mudah. Dengan begitu, kita akan semangat dan pantang menyerah ketika menulis. Kerap kali kita temukan, orang-orang yang mempunyai keinginan menulis, tiba-tiba berhenti di tengah jalan. Tiada lain karena merasa sulit dan kurang semangat.

Menulis dengan Jelek

Menulis dengan jelek merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Karena akan lebih leluasa ketika menulis, dan tidak ada tuntutan untuk bagus. Nantinya kita akan sadar sendiri bahwa tulisan yang kita tulis itu jelek, ketika melirik tulisan-tulisan yang sudah bagus. Seperti tulisannya Ustadz Dairobi dalam buku ‘Sidogiri Media’ dan Ustadz-ustadz yang lain. Seperti keterangan di atas; tidak ada tulisan yang langsung bagus dan membutuhkan proses.

Menulis dari Sekarang

Dalam setiap kali ketika kita ingin melakukan sesuatu, kalau masih nunggu kata ‘nanti’ kebanyakan tidak akan terjadi. Karena kata ‘nanti’ itu merupakan salah satu cara setan untuk menggoda manusia supaya tidak melakukan suatu kebaikan. Makanya, jangan tunggu kata ‘nanti’, dan mulailah dari sekarang. Kalau bukan sekarang, kapan lagi?. Semoga bermanfaat…

Upload di Website Pribadi

Banyak penulis pemula yang mengira tulisannya akan langsung diterima di media ternama. Namun, kenyataan berkata lain. Banyak penulis yang merasakan penolakan. Untuk itu, bagi pemula saya sarankan untuk memupuk dulu kreatifitas dalam website pribadi terlebih dahulu. Gimana cara bikin website? Saya, kan, gak bisa ngoding?

Untuk zaman seperti sekarang, seharusnya tidak perlu bingung, sebab banyak perusahaan pembuatan website. Khususnya di daerah Jogja. Di sana ada Jasa Pembuatan Website Jogja. Bagi yang minat, silahkan mampir ke Jasa Website Murah Jogja.

Menerima Iklan

Nah, bila tulisan kita sudah banyak, meski pun jelek asal berkualitas kita dapat menerima iklan. Itulah nanti bisa menjadi penghasilan tetap kita dalam menulis online. Perihal bagaimana cara menerima iklan, akan kami bahas di lain artikel. Semoga pembaca mendapat manfaat!

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *