loading
seozie-img

APPLE, INC. adalah sebuah perusahaan yang dibangun oleh Steve Jobs, dengan Sulicon Velley berbaris Cupertino, California, yang terkenal dengan teknologi komputer.

Apple menjadi revolusi bermulanya komputer pribadi pada tahun 1970-an dengan produknya Apple II dan memajukannya sejak tahun 1980 hingga sekarang dengan Macintosh. Apple sangat terkenal dengan aplikasi ciptaannya, seperti, iMac, Macbook, pemutar lagu iPod, dan telpon genggam iPhone. Apple juga mampu bersaing dibidang kreatif, seperti penyuting vidio Final Cut Pro. 

Nama Apple diberikan oleh Wazniac, ketika bisnisnya tenggat untuk memberikan nama sampai 3 bulan, Wazniac menawarkan pada stafnya untuk memberikan nama perusahaan tersebut. Namun tidak ada yang cocok menurutnya, kebetulan saat itu Wazniac sedang memegang buah apel dan sesuai dengan pernyatannya, perusahaan tersebut mengambil nama dari buah apel sebagai perusahaan Apple computer, namun pada bulan januari 2007, Apple memasuki pasar telepon genggam dengan memperkenalkan iPhone, dan nama perusahaan itu diringkas dengan menanggalkan kata ”computer” untuk mewakili diversifikasi produk perusahaan tersebut.

Jika Steve Jobs mengambil nama buah untuk dijadikan nama perusahaannya, Anda juga bisa melakukaanya. Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan yang mengambil nama buah. Salah-satunya Mangga. Namun, nama yang unik tidak cukup untuk menjadikan perusahaan tersebut sukses. Masih banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Salah-satunya dengan mendatangi jasa pembuatan studi kelayakan terpercaya. Sebenarnya banyak penyedia layanan semacam ini, tinggal Anda pilih jasa studi kelayakan sesuai dengna keinginan perusahaan Anda.

Oleh karena hal itu, sebelum kejayaan perusahaan tersebut, Apple memproduksi sebuah komputer yang menjadi ajang pertama dalam perusahaan besar. Diantara produksi awalnya yaitu: 

Apple I yang dibuat sebanyak 200 unit pada tahun 1975 oleh Steve Jobs dan Wozniac, dan dibantu temannya, yakni Ronald Wayne. Hal itu ketika Jobs behasil membujuk Wazniac untuk membuat sebuah komputer dan menjualnya pada sebuah toko, yang mana pemilik toko tersebut adalah Paul Terrel yang siap membeli produk Apple I tersebut.

Apple ke II dilepas pada tahun 1977, dan menjadi komputer yang paling banyak digunakan, hingga jutaan unit terjual sampai pada tahun 1980-an dengan munculnya pasar PC. Sebelum itu Jobs berhasil membentuk perusahaan computer pada 1 April 1976.

Apple III dan Lisa dibuat saat Apple merasa sangat perlu mengeluarkan model baru, yang lebih maju untuk bersaing dibidang komputer meja bagi perusahaan besar, saat memasuki Dekade 1980. Apple III dirancang dengan menghilangkan kipas pendingin yang menurut Steve Jobs tidak elegan. Mesin tersebut sangat sering mengalami Overheating, dan sebagian modelnya harus ditarik dari pasaran. Sementara, beberapa grup Apple mengajak Jobs untuk mengembangkan komputer jenis baru dengan tampilan grafik-instentif dan icon-friendly dengan fasilitas PARC. Pada bulan january 1983, Apple Lisa diperkenalkan, dan tergolong sangat maju saat itu dengan harga yang cukup memukau, tepatnya AS$10.000.

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *